Thank you for your visit. Your links will be created in 15 seconds.
wpsafelink image

Fakta Singapura, Salah Satu Negara Paling Maju Di Dunia


Siapa si nggak tahu tentang Singapura?
Negara yang sangat kecil namun masuk negara termaju di dunia.
Singapura layak disebut sebagai negara nomor satu di Asia Tenggara. Negara tetangga Indonesia ini merupakan salah satu pusat perekonomian di Asia serta menjadi penghubung utama dengan benua Eropa. Tak hanya itu, Singapura juga diprediksi menjadi salah satu kekuatan baru internasional di dunia bisnis.
Dan berikut fakta-fakta menarik seputar Negara dengan ikon Singa ini…
1. Rela membeli Pasir Triliunan.
Singapura hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 719,1 kmĀ².
Nah, karena keterbatasan lahan inilah yang menyebabkan Singapura gencar memperluas lahannya yaitu dengan membeli pasir dari Negara lain, termasuk Indonesia. Usaha memperluas daratan atau reklamasi ini rencananya akan terus berjalan dan berakhir pada tahun 2030. Sehingga bisa dipastikan luas wilayah Negara kecil ini akan terus bertambah.
2. Usia di Atas 30 Tahun Wajib Menikah.
Hal ini mungkin terdengar sedikit unik ya buat kita apalagi di Indonesia masih banyak yang berusia 30 tahun ke atas atau bahkan 40 tahun ke atas yang belum menikah.
Namun di Singapura usia di atas 30 tahun sudah harus menikah. Bahkan, pemerintah Singapura ikut berperan dalam hal ini. Langkah konkrit yang telah dilakukan adalah berkerjasama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU) untuk membantu warga Singapura menemukan pasangan hidup.
3. 80% Warga Singapura Tinggal Di apartemen dan rumah susun.
Singapura yang hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 719,1 km persegi, sedangkan penduduknya mencapai sekitar 5 juta jiwa.
Maka hampir tidak mungkin jika setiap warga di Singapura memiliki rumah pribadi masing-masing. Pemerintah harus pintar-pintar dalam mengelola tempat tinggal bagi warganya. Dan apartemen serta rumah susun menjadi solusi yang paling pas untuk permasalahan tersebut.
4. Air Terjun Indoor Tertinggi di dunia.
Garden by the Bay pengunjung bisa menikmati pemandangan berbagai macam tanaman dan bunga endemik dari berbagai belahan dunia. Dan Anda juga bisa menyaksikan Air Terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 35 meter.
5. Kebun Binatang Malam Hari Pertama di Dunia.
Salah satu tujuan wisata yang paling menarik perhatian pengunjung adalah The Night Safari, yaitu kebun binatang malam hari pertama di dunia. The Night Safari mempunyai koleksi hewan liar terlengkap dan terkenal di dunia. Menariknya disini pengunjung akan diajak berjalan-jalan keliling kebun binatang menaiki tram yang disertai dengan penjelasan setiap satwanya. The Night Safari buka mulai pukul 19:15 sampai 21:00
6. Bandara Terbaik di Dunia.
Bandara Changi Singapura mendapatakan predikat bandara terbaik di dunia oleh Skytrax di World Airport Awards 2017. Penghargaan ini merupakan kali kelima secara beruntun yang didapatkan oleh bandara dengan fasilitas kelas wahid tersebut. Selain bandara terbaik di dunia, Bandara Changi juga berhasil menyabet predikat bandara terbaik di asia dan bandara dengan fasilitas rekreasi terbaik.
7. Memiliki Pelajar Terbaik No 1 bidang Matematika.
Pendidikan merupakan sesuatu yang penting di Singapura, hal ini yang membuat Singapura menjadi salah satu Negara maju dengan pelajar-pelajar terbaik. Singapura juga memiliki universitas-universitas dengan fasilitas dan pendidikan terbaik, bahkan beberapa diantaranya memiliki ranking yang tinggi dalam peringkat Universitas terbaik di dunia. Maka tak heran bila pelajar-pelajar di Singapura memiliki kemampuan matematika terbaik di dunia atau setidaknya selalu berada di dekat posisi puncak dalam kemampuan matematis global.
8. Orang Singapura Berjalan Kaki tercepat di dunia.
Selain orang nya yang cekatan dan disiplin Singapura juga punya fakta unik yaitu jalan kaki sangat cepat.
Berjalan kaki merupakan pemandangan yang sangat lumrah di Singapura, hampir semua warganya berjalan kaki. Kecuali jika ingin menempuh perjalanan yang jauh, barulah mereka menggunakan transportasi umum. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Council menunjukkan bahwa orang Singapura berjalan dengan kecepatan rata-rata 10,55 detik per 18 meter dan merupakan yang tercepat di dunia. Singapura mengalahkan Denmark, Spanyol, Tiongkok, dan Irlandia yang berturut-turut berada dibawah Singapura dalam hal jalan kaki tercepat.
9. Rata-rata penduduk Singapura berpenghasilan sekitar 600 juta Rupiah per tahun atau 50 juta Rupiah per bulan.
10. Tidak Boleh Ada Bangunan Lebih dari 280 Meter.
11. Larangan Menjual & Mengunyah Permen Karet.
Di Singapura terdapat peraturan untuk tidak memproduksi, menjual dan mengonsumsi permen karet. Hal ini bukan tanpa alasan. Pada tahun 1987 saat MRT mulai beroperasi, terdapat oknum-oknum pengunyah permen karet yang tidak bertanggung jawab. Mereka menempelkan sisa permen karet yang telah dikunyah ke sensor pintu MRT yang mengakibatkan pintu tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain mengganggu pelayanan publik, hal ini tentunya akan menyebabkan kerusakan dengan total biaya yang tidak sedikit. Akhirnya di tahun 1992, perdana menteri kedua Singapura, yaitu Goh Chok Tong memutuskan larangan mengunyah permen karet.
12. Singapura merupakan negara ketiga terpadat di dunia, setelah Makau, Monaco dan juga China.
13. Singapura merupakan negara dengan jumlah perbandingan jutawan tertinggi di dunia. Dalam setiap enam rumah tangga, ada setidaknya satu rumah tangga yang memiliki kekayaan di atas 1 juta US Dollar.
14. Human Developmen Index Singapura termasuk kategori sangat tinggi, menduduki peringkat ke-19 di dunia. Sebagai perbandingan, Indonesia berada di peringkat ke-121.
15.Dua universitas terbaik di negara ini adalah National University of Singapore dan Nanyang Technological University. Dan salah satu universitas terbaik dunia.
16.Untuk membeli mobil di Singapura, Anda harus memiliki sertifikat khusus. Sertifikat tersebut harganya minimal 50.000 Dollar Singapura (sekitar 400 juta rupiah).
17.Pendapatan per kapita Singapura merupakan yang ketiga tertinggi di dunia
18. Masuk 20 besar Negara Terkecil di dunia.
19. Negara dengan kasus korupsi sangat rendah

Adblock Detected

Please disable adblock to proceed to the destination page