Klik (x) untuk menutup
Klik Gambar di bawah ini untuk melanjutkan ke SMS Gratis
Kamis , September 19 2024

𝗛𝗮𝘁𝗶-𝗛𝗮𝘁𝗶 𝗠𝗟𝗠 Gadungan, 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗶𝗽𝘂𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗿𝗷𝗮 𝗟𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮!

Salam Pengetahuan untuk kita semua!
Hai, Knowledgers!
Di sini saya mau memberi nasihat buat para pencari kerja biar lebih berhati-hati dalam mencari pekerjaan. Jangan sampe kena tipu MLM gadungan, atau penipuan kerja lainnya.
Sebelumnua saya mau ngasih tau, kalau MLM itu ada yang resmi, biasanya terdaptar di OJK. Yang mau saya bahas, MLM gadungannya.
Kenapa saya bilang gini, karena saya sendiri pernah ketipu MLM gadungan. Ini bukan dongeng, ya, tapi murni kejadian nyata yang saya alami sendiri. Percayalah ketipu pekerjaan lebih menyakitkan dari diputusin pacar. Kalau di putusin pacar, mah cuma sakit hati aja, tapi ketipu pekerjaan lebih dari itu. Udah sakit hati, malu, kesel, marah juga.
Bayangin aja, kamu niat berangkat kerja dari rumah udah pamit sama keluarga mau kerja merantau ke kota orang, pas datang ke tempat yang dituju malah ketipu. Mau pulang malu, gak pulang mau ngapain di kota orang kalau gak kerja, saudara gak ada, teman gak ada, uang habis juga.
Untungnya saya ingat ada teman kerja dulu di sebelah kota yang nipu saya, dan alhamdulilah baik-baik mau pada nolongin saya, kalau gak ada teman udah jadi apa saya di kota orang.
Kebanyakan yang kena tipu itu, saya lihat remaja umur sekitar 17-22 tahun, di mana umur segitu lagi semangat-semangatnya nyari kerja tanpa melihat itu beneran pekerjaan atau penipuan kerja, yang penting kerja aja.
Selain itu, mereka juga sama-sama ketipu seperti saya, tapi mereka lebih memilih terjerumus sekalian, mungkin karena udah terlanjur ketipu juga.
Alhamdulilah, saya sendiri bisa keluar dari jebakan setan itu, saya gak bisa nipu teman, atau orang lain, karena perasaan saya pas ketipu juga sakit banget, saya gak mau orang lain merasakan hal yang sama. Apalagi mereka nyuruh bohong, dan nipu orang tua sendiri, dan kata mereka itu bukan bohong, orang tua gak perlu tau pekerjaan kita apa, yang penting hasilnya katanya.
Maaf kalau curhat, sekedar berbagi pengalaman saya yang ketipu MLM gadungan, biar teman-teman yang lain gak kena tipu juga kaya saya, dan buat yang lainnya kalau ada pengalaman pernah ketipu kerja juga, boleh diceritain di komentar, biar menjadi pelajaran buat teman-teman lain yang sedang mencari kerja. Perlu diingatkan, ini bukan ajang adu nasib, tapi buat pengingat buat yang lainnya.
Intinya buat para pencari kerja, tetap semangat, jangan menyerah, dan hati-hati dalam mencari kerja.
Edit:
Tambahan sedikit, Jangan mau kalau ada loker kaya kerja di hotel gitu, terus ada fasilitas mes, dan lainnya, gaji 3,5 juta dan bisa bertambah lagi. Selain itu, Biasanya di suruh bayar uang muka juga berapa ratus ribu, karena sejatinya, gak ada perusahaan yang memanjakan karyawan se-loyal itu.
Sekian, dan terima kasih. Semoga bermanfaat, ya!
Panjang umur perjuangan, panjang umur Ruang Pengetahuan!
Referensi: Pengalaman Pribadi

Check Also

Di Bulgaria ada pasar jodoh

Bulgaria merupakan negara yang terletak di kawasan Eropa Tenggara, bertetangga dengan negara Rumania, Serbia, Republik …

Tinggalkan Balasan